Friday, May 17, 2013

Menikmati Nasi Campur Khas Bali

Bubur Ayam Khas Bali kesukaan sayaaaaaa!!

Buat yang suka berwisata kuliner, yuk mari kita membahas beberapa tempat di wilayah Sanur yang menyajikan makanan khas Bali. Kenapa Sanur? Karena saya lebih sering bersepeda berkeliling Sanur, setiap hari minggu pagi. Biasanya saya mulai dari Pantai Sanur (Bali Beach Hotel), menyewa sepeda seharga IDR 10,000/Orang untuk dua - empat jam pemakaian. Berkeliling dari sepanjang trotoar pantai yang berujung di Pantai Mertasari, kemudian berlanjut ke jalan Danau Tamblingan untuk balik lagi ke tempat awal. Lumayan menguras keringat karena rute yang ditempuh sepanjang 11 km :)

Nah, berikut adalah beberapa spot warung, spesial menyajikan makanan khas Bali yang mungkin salah satunya sudah pada tahu:


Nasi Bali Men Weti
Warung nasi campur Bali yang satu ini memang sudah sangat terkenal. Bagaimana tidak, karena setiap pagi selalu ramai dikunjungi pembeli. Apalagi kalau sudah menjelang hari minggu atau hari libur lainnya. Berlokasi di Jl. Segara Ayu, Sanur. Nasi campur ini terkenal dengan sambel barak (Sambal Merah) yang pedas serta lauk ayam dengan bumbu Bali yang Khas. Porsinya lumayan super untuk sarapan pagi. Tapi kalau habis beresepada dan lapar, yasudah saya sapu bersih J. Nah karena di sini saking ramainya, jadi harus mengantre lama baru bisa dapat pesanan yang kita mau. Warungnya pun hanya buka di pagi hari. Tips supaya lebih cepat mendapatkan pesanan anda adalah dengan memesan dari sebelah kiri gapura masuk ke pasar tepat di sebelah kanan warung, eh kiri apa kanan ya *bingung*. Nah bisa nyempil tepat di sebelah ibu weti sambil towel lengannya dan bilang “Buk makan sini ya”. Maka anda akan bisa menikmati Nasi Men Wati dengan segera! *snap*

Nasi Bali Men Weti

Tipat/Bubur Ayam bumbu Bali
Nah, untuk menu yang satu ini, si empunya warung kagak ada namanya. Tempatnya nyempil diantara jejeran warung-warung yang berada di Pantai Sanur (Dekat Hotel Bali Beach). Dari tempat parkir sepeda motor, jalan kearah kiri menuju Pantai Matahari Terbit. Banyak warung kecil berjejer menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Berjalanlah dan telusuri hingga ujung, warungnya berada sekitar urutan ketiga atau keempat dari ujung deretan, bertuliskan “Jual Tipat Kuah Ayam”. Silakan dicoba tipat atau buburnya. Kuahnya sedap, ayamnya gurih, plus telor rebus dan taburan kacang tanah goreng seperti halnya nasi campur Bali. Kalau tanpa kacang tanah goreng kurang kriuk! Bagi yang doyan pedas seperti saya, silakan tambah sambelnya. Yum!


Sarapan maknyus habis bersepeda.


Nasi Campur dan Bubur Khas Bali di Jalan Danau Tamblingan
Warung khas Bali yang satu ini tidak ada namanya juga. Berlokasi di Jalan Danau Tamblingan, di sebelah kanan sebelum Aerowisata Hotel (Sanur Beach Hotel). Warungnya kecil, nyempil di trotoar. Tapi rasanya uh! Endes! Bali banget. Terus murah lagi. Memang menunya sederhana, yaitu Ayam sisit dengan bumbu kuning, sayur urap, terus disiram kuah kaldu ayam yang maknyus! Dengan sambel yang pedesnya juga nendang. Untuk nasi campur harganya Rp.8000. Sedangkan buburnya cuma Rp.5000 saja! Jangan khawatir buat yang tidak boleh menikmati babi, di sini hanya tersedia ayam.

This is so fucking delicious! Trust me!


Nasi Campur Bali Bu Made
Kalau warung yang satu ini sih tidak termasuk dalam rute bersepada saya, karena berlokasi di Jl. Tukad Bilok, Sanur Kauh. Kalau dari Mc Donald Sanur menuju ke Jalan Danau Beratan, ke arah Panjer. Tepat di perepatan depan balai banjar. Warung ini buka hampir 24 Jam. Biasanya saya singgahi setelah bersepeda, atau di malam hari untuk makan malam. Menu yang tersedia beragam, mulai dari lawar, ayam sisit bumbu kuning, abon babi, urap jejeruk, dan seperti biasa, handalan saya sambal cabai potong yang dicampur bawang goreng. Sedap! Satu porsinya IDR 12,000 J

Selalu bikin laper :)

Sementara itu dulu yang bisa saya bagikan yaaa. Mungkin kalau ada yang tahu lebih banyak mengenai warung-warung lain yang menyajikan makanan khas Bali di Sanur, monggo di share down below ea kakak…… *kedip-kedip*





Follow Me:


7 comments:

  1. Waduh kalau suka yg berkuah coba tipat blayag kas singaraja di jalan tukad yeh aya...kalau suka nasi jinggo ada warung baru di tukad balian..nasi jinggonya paling enak sebali...

    Btw sambil sepdean sambil wisata kuliner..menarik juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Wah makasi banyak rekomendasinya. Segera akan saya coba!

      Iya sambil sepedaan dan wisata kuliner, seru.

      Delete
  2. Damn...jadi laper!!!

    *setelah kesekian kali ke Bali, baru tau kl Bali punya Bubur khas Bali.... *definitely bakalan coba pas ke Bali! Thanks Bli!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama! Inget summon gw kalo nanti udah di Bali ye :)

      Delete
  3. pas tikungan bypass di ujung Jl Danau Poso ada roti canai & teh tarik Bunana (buka jam 11-22). sebelahnya ada yamin Nokin (jam 12-22, kecuali Jumat, libur). bukan makanan Bali sih, tapi lumayan buat tempat nongkrong dan galau kangen rumah. yamin & mie ayamnya lumayan murah.

    di pinggir pantai Mertasari ada nasi campur + sop balung + sate babi Warung Patkay, buka biasanya mulai jam 10an (tutup ga tau jam berapa. tapi kalo ada upacara juga tutup sih). yg jual ibu2 (ga tau namanya siapa =P). harga standar. biasanya 1 porsi sop balung + 1 porsi sate + 2 porsi nasi campur + 2 gelas es jeruk palingan 50an.

    seberang Polsek Sanur (pinggir jalan bypass) ada Warung Sederhana Bu Dayu, jam 11-3 pagi. soto balung & steak balung babinya bikin saya bela2in motoran Ubud-Sanur jam 12 malem. sop/steak biasanya 30an. tapi nagih. serius.

    dari bypass sebelum prapatan Tirta Nadi (yg ada pos polisinya), ada belokan ke kiri (lupa nama gangnya), ada warung Jero Jegeg (buka jam 10-22). nasi campurnya cuma 10-15 ribu. kalo dibawa pulang 7000 juga dapet. tempatnya enak buat nyantai. ibu yg jual juga baik.

    nah, di belakang pos polisi Tirta Nadi ini ada bubur ayam Cirebon yg buka 24 jam. sedia nasgor juga keknya. tapi ga pernah beli nasgornya sih. selalu bubur. dan selalu malem. abisnya enak. kalo ga salah semangkok 10rb deh.

    masih Sanur, Warung Jawa seberang Warung Blanjong. buka 24 jam. cobain mi goreng pake irisan cabe 5 biji + telor asin. agak mehel sih, 13 ribuan. tapi, man... kalo makannya jam 2 pagi pas lagi mati gaya berat, itu adalah surga!

    eh, main ke Ubud, Bli! nih, tak kasih list:
    http://pitopoenya.blogspot.com/2013/11/the-list-of-bahan-tokai.html

    btw, halo!

    (=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow wow wow! Great recommendation! Makasi banyak ya. Eniwei I used to live in Ubud, sekitar Sayan juga. Ah kangen makanan di sana!

      Delete

would be glad to receive any comment